Rabu, 02 Juli 2014

Lebah Madu... Salah Satu Hewan Yang Diabadikan Dalam Al-Quran (Part2)

 Suatu pagi di Bulan Ramadhan 1435

Hari ini aku sengaja ijin dari sekolah. Maklum dech, liburan ini aku belum free sama sekali. Untung ijin cuti piketku diijinkan sama Pak Ketua PPDB yang baik hati dan tidak sombong... heheheh (maaf ya Om!!). Iseng-iseng buka blog yang aku anggurin hampir 6 bulan lebih, eh ternyata aku punya hutang. Entri Lebah Madu ku belum selesai. Okey dech... mumpung hari ini semangat, aku lanjutkan part 2 nya hehehe....
Kalau di part 1 sudah dibahas habis-habisan soal anatomi dan klasifikasinya, sekarang akan aku bahas beberapa keistimewaan si lebah imut ini dibahas di Al Qur'an.
Surat An-Nahl ayat 68 dan 69:

بسم الله الرحمن الرحيم

وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ (68) ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (69)
68) dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia",69) kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

Nah dari penggalan surat An Nahl di atas, ada beberapa keajaiban, yaitu
1. Dari keragaman spesies dan habitatnya
Lebah madu terdiri dari beberapa spesies dengan ciri fisik dan tempat hidupnya berbeda: (beberapa udah aku jelasin di part sebelumnya) ada Apis dorsata atau lebah hutan, yang di sunda disebut odeng, dengan daerah penyebaran disekitar wilayah sub-tropis dan tropis Asia seperti Indonesia (dari Sumatra sampai papua), Filiphina dan sekitarnya. Selain itu, Apis laboriosa yang bisa dijumpai didaerah pegunungan Himalaya.

2. Dari sifat polimorfofisme beragam dengan hidupnya berkoloni serta bekerja keras
Dalam hidupnya mereka selalu berkoloni yang terdiri dari beberapa jenis, ada Queen Bee (Ratu Lebah), Worker Bee (lebah betina) dan Drone (lebah jantan). Serta mempunyai tugas sendiri-sendiri lho (coba liat di part 1 dech... lengkap di sana hehehe) dan tidak iri sama tugas-tugas sesamanya, selalu bekerja keras untuk mencari makan dan membuat rumahnya... wah hebat!!!

3. Mengonsumsi makan yang baik
Hampir semua tanaman berbunga merupakan ladang bagi lebah. Dari sana hewan ini mengambil nectar, sebuk sari (pollen) dan air. Nectur adalah suatu senyawa kompleks yang dihasilkan kelenjar nectecfier tanaman dalam bentuk larutan dengan konsentrasi gula bervariasi, mulai 5% sampai 70% atau lebih. Satu koloni lebah madu membutuhkan sekitar 50kg tepung sari pertahun. Sekitar separuh dari tepung sari tersebut digunakan untuk makanan larva. 

4. Menghasilkan madu bermanfaat
Cairan keemasan ini dihasilkan oleh lebah madu ini mempunyai banyak manfaat. Disamping sebagai makanan si Lebah dan koloninya, madu juga dimanfaatkan manusia untuk obat berbagai penyakit. Madu sebagai obat penyembuh penyakit sudah dibuktikan secara ilmiah oleh para para pakar kedokteran, untuk mengobati dingin, karena madu itu panas, obat diare, tekanan darah tinggi dan jantung, menyembuhkan tukak lambung (maag), radang usus, serta kesulitan buang air besar (sembelit). Jika digunakan dengan minyak zaitun, bisa jadi bahan kosmetik untuk menghaluskan kulit dan wajah, mampu menghilangkan bau badan yang tak sedap, serta bisa memberikan vitamin pada kulit dan melembabkannya. Dan hebatnya, madu itu cocok untuk setiap manusia.
Hasil penelitian terakhir yang dikeluarkan dari Universitas Moskow, menyatakan madu ternyata juga mengandung logam alumunium, boron, krom, tembaga, timbal, titanium, seng, asam organic, asetilkolin, hormon, antibiotic, zat antiracun, serta zat antikanker. Zat-zat ini sangat penting untuk memperlancar proses biokimia tubuh dan proses penyembuhan aneka penyakit. Sementara kandungan enzim dalam madu dilaporkan paling tinggi jika dibandingkan dengan makanan lainnya.

5. Arsitek yang hebat
Pada arsitektur alam, lebah madu salah satu arsitek hebat dalam membuat sarangnya. Dari bentuknya yang cukup unik dengan bentuk heksagonal (segi enam) di setiap sel ruangannya ternyata mempunyai manfaat sebagai tempat efektif menyimpan madu-madunya. Mesti diakui, bentuk ini pun dapat memerangkap lebah banyak oksigen dan unsur lainnya yang mereka perlukan dibanding bentuk geometris lain, semisal lingkaran atau segi empat. Pembangunan sarang itu sendiri dimulai dari sudut-sudut yang berbeda hingga akhirnya bertemu secara tepat ditengah. Dan yang paling hebat, lebah-lebah itu mengerjakannya dengan sempurna tanpa ada kekurangan satupun.



6. Tidak mengganggu kecuali diganggu
Lebah kecuali yang jantan dibekali senjata andalan berupa sengat berduri, dengan racun didalamnya. Bagi yang dipersensitif, setiap sengatan dapat menyebabkan reaksi serius. Walau bagi yang tidak hipersensitif, tidak akan menimbulkan dampak apa-apa. Beruntung lebah jarang menggunakannya untuk menggangu. Baginya, senjata tersebut berfungsi sebagai alat untuk mempertahankan diri ketika diusik.
 

Wih ... hebatnya si lebah madu ini, pantas banget kalau dia memang sangat istimewa. Keistimewaannya yang diberi Allah SWT ini sangat bermanfaat bagi manusia, untuk dipelajari sifat-sifatnya dan keberadaannya... Subhanallah!! Semoga keistimewaan dari si lebah madu ini bisa membuat manusia banyak bersyukur dan belajar... amin...

Arigatou Gozaimasu Hachi


Sumber :
http://ariewia.blogspot.com/2013/12/lebah-madu-salah-satu-hewan-yang.html
http://agusckurniawan.blogspot.com/2011/09/8-keajaiban-lebah-menurut-al-quran-part.html
http://www.agusckurniawan.blogspot.com/2011/09/8-keajaiban-lebah-menurut-al-quran-part_22.html
http://www.agusckurniawan.blogspot.com/2011/09/8-keajaiban-lebah-menurut-al-quran-part_25.html
http://www.anneahira.com/pengetahuan-islam.htm
http://www.voa-islam.com/read/tsaqofah/2009/08/04/621/kemukjizatan-lebah-dan-madu-dalam-alquran/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Tentang aku dan blog-ku

Mengabadikan momen dan kenangan itulah tujuanku membuat blog ini. Setiap momen, kebiasaan, kegemaran yang kutulis di sini sangatlah berarti untukku. Tak ada maksud untuk riya' atau menyombongkan diri, hanya sebagai pengingatku. Aku termasuk orang yang gampang lupa akan kenangan. Karena itu kubuatlah blog ini, agar aku selalu ingat apa yang telah aku lalui dan aku telah lakukan. Selamat membaca kenanganku teman...
ariewia. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers