Kamis, 28 November 2013

Si Anggun, Lily

Lily... Lily... Lily...
Bukan nama orang, tapi nama bunga lho...
Ini lho yang namanya bunga lily, ada yang bilang ini bunga bakung. Ga salah sech, sama aja, lily atau bakung. Apapun namanya aku suka bunga ini. Seperti yang udah aku paparkan di posting sebelumnya, kalau diibaratkan seorang wanita, bunga ini aku gambarkan seperti Madam Prancis yang anggun. Ya.. ya.. ya.. mungkin berlebihan, tapi itulah bentuk kekagumanku hehehe...

Nah sekarang aku akan mengulas sedikit tentang bunga cantik ini. Bunga ini merupakan sejenis tanaman Bakung merupakan bagian dari genus Lilium. Nama tanaman ini dalam bahasa inggris adalah lily. Ada sekitar 110 suku dalam keluarga bakung (Liliaceae).

Kawasan tumbuh bakung meliputi sebagian besar Eropa, sebagian besar Asia sampai Jepang, ke selatan yaitu India, ke Indocina dan ke Filipina. Tanaman ini bisa menyesuaikan diri dengan habitat hutan, seringkali pegunungan, dan kadang-kadang habitat rerumputan. Beberapa mampu hidup di rawa. Pada umumnya tanaman ini lebih cocok tinggal di habitat dengan tanah yang mengandung kadar asam seimbang.

Bakung adalah tumbuhan tahunan dengan tinggi 60–180 cm. Bakung biasanya memiliki tangkai yang kokoh. Kebanyakan suku bakung membentuk umbi polos di bawah tanah. Di beberapa suku Amerika Utara dasar dari umbi ini berkembang menjadi rizoma.
Bunga bakung yang besar memiliki tiga daun bunga, acapkali wangi, dan terdapat dalam berbagai warna dari putih, kuning, jingga, merah muda, merah, ungu, warna tembaga, hingga hampir hitam. Terdapat pula corak berupa bintik-bintik.

Klasifikasi dari tanaman ini
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Liliales
Famili: Liliaceae
Genus: Lilium
 (http://id.wikipedia.org/wiki/Bakung)

 Lily ini sekarang banyak dijual dalam bentuk tanaman atau bunga potong, biasanya sech dibentuk dalam rangkaian bunga. Kalau aku sich lebih suka dalam bentuk tanaman, biar pas waktunya berbunga banyak berkumpul di halaman rumahku, jadinya warna-warni... (apa'an sich???)

Nah ... salah satuh bentuk kekagumanku pada bunga ini, warnanya dan bentuknya yang bermacam-macam, kaya' berikut ini ada beberapa spesiesnya.

















Heem... banyak banget jenisnya, dari yang cantik sampai yang cantik banget, andaikan bisa punya semuanya pasti halamanku penuh hehehe...

Udah cukup dech bahas soal lily... okey ... bye....
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Tentang aku dan blog-ku

Mengabadikan momen dan kenangan itulah tujuanku membuat blog ini. Setiap momen, kebiasaan, kegemaran yang kutulis di sini sangatlah berarti untukku. Tak ada maksud untuk riya' atau menyombongkan diri, hanya sebagai pengingatku. Aku termasuk orang yang gampang lupa akan kenangan. Karena itu kubuatlah blog ini, agar aku selalu ingat apa yang telah aku lalui dan aku telah lakukan. Selamat membaca kenanganku teman...
ariewia. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers